Strategi Memilih Perguruan Tinggi

Oleh: Hos Arie R Sibarani, SH

Pengurus Forum Muda Cendikia Muslim (FMCM) Lamsel

Baru saja pusing akibat UAN yang standarnya tinggi, calon lulusan SMA dihadang masalah yang bikin tambah pusing. Mau ke mana setelah lulus?

Memang tidak mudah memilih kuliah yang pas di hati dan kemampuan. Ada banyak faktor yang musti dipertimbangkan supaya begitu kita masuk ke kuliah pilihan tidak ada rasa penyesalan.

Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan saat memilih kuliah, seperti diuraikan berikut:

Dapat perguruan tinggi (PT) yang mutunya bagus memang perlu. Tapi faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebelum itu, kita harus tahu apa jurusan yang paling cocok dengan minat dan bakat kita. Kalau enggak, kuliah bisa keteteran.

Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman.

Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah.

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit.

Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik?

Faktor lain yang juga menentukan adalah lamanya kuliah, reputasi perguruan tinggi dan biaya semasa kuliah. Selamat memilih!

0 Responses to “Strategi Memilih Perguruan Tinggi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: