Jaga Kelestarian Hutan Manggrove

KALIANDA – Melihat kondisi hutan manggrove yang berada di Kecamatan Sragi dan Ketapang Lampung Selatan dimana telah terambah hingga 70 persen atau 345,06 hektare dari luas areal hutan 505,8 hekatre. Camat Sragi Tanggun S.P menghimbau kepada masyarakatnya agar sejak dini dapat menjaga kelestarian hutan tersebut dengan menghentikan perambahan.
“Kondisi hutan manggrove saat ini memang sangat mempeihatinkan, dimana dari luas 45,06 hektare telah terambah hingga 70 persennya,” katanya.
Meskipun wilayah hutan manggrove berada di 2 Kecamatan yakni Sragi dan Kecamatan Ketapang Lamsel, namun pihaknya memilki hak untuk mencegah masyarakatnya khususnya agar tidak melakukan perambahan, seperti pada areal hutan itu di gunakan sebagai lahan pertanian tambak udang dan ikan serta lainnya. Hal ini merupakan tindakan yang merusak lingkungan dimana hutan manggrove yang merupakan hutan lindung itu di rusak kelestariannya. “Saya menghimbau kepada masyarakat di Kecamatan ini khususnya, agar dapat menyadari bahwa hutan manggrove itu merupakan hutan lindung, dimana kita di tuntut agar dapat menjaga kelestariannya apa bila ada yang merusak,” ujar Tanggun.
Ia menambahkan, apa bila sejak dini masyarakat dapat menyadari dengan tidak melakukan perambahan di hutan manggrove itu dan menjaga kelestariannya, maka pada tahun-tahun yang akan datang kondisi hutan yang telah rusak akan pulih kembali. “Mudah-mudahan, apa bila sejak dini masyarakat menjaga kelestarian hutan manggrove, pada tahun-tahun yang akan datang akan kembali puli kelestariannya,” pungkasnya.
Di ketahui, dari 70 persen hutan manggrove yang terambah dari luas hutan 505,8 hektare itu sesuai data di Dinas Kehutanan Kabupaten Lamsel pada tahun 2008 ini. Lebih rincinya, yakni seluas 345,06 hektare hutan yang telah rusak (70 persen) dari luas areal hutan manggrove 505,8 hektare, sedangkan luas hutan yang masih utuh di perkirakan tinggal seluas 20 persen atau 151,74 hektare. (*)

0 Responses to “Jaga Kelestarian Hutan Manggrove”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: