Tidak Dapat Raskin, Puluhan Warga Datangi Ketua BPD

PALAS – Nampaknya keberadaan Warung Desa (wardes) sebagai pusat penyaluran beras miskin (Raskin) di desa Sukabakti kecamatan Palas Lampung selatan tidak di sambut baik oleh semuanya warga setempat. Hal itu di buktikan, puluhan warga yang tidak mendapatkan jatah raskin mendatangi ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat, Senin (22/9) kemarin. Mereka mempernyatakan jatah raskin bulan September tidak di terimanya
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sukabakti Sudarna mengatakan, beberapa waktu lalu, kediamannya di datangi oleh beberapa warga sebagai perwakilan puluhan warga yang tidak mendapatkan jatah raskin di bulan September. sedangkan, sebelumnya mereka mendapatkan beras raskin sebanyak 7 Kg/KK. “Untung saja mereka tidak berbuat anarkis,” kata Sudarna saat di temui di kediamannya, kemarin (24/9).
Lanjutnya, setelah dirinya mendengarkan keluhan masyarakat setempat, Sudarna tidak dapat berbuat banyak terkait permintaan warga yakni masayarkat memintah jatah raskin di bulan September dapat di cairkan seperti bulan-bulan sebelumnya. “Saya tidak dapat menjelaskan pada mereka, karena saat di bentuknya Wardes di desa kami, saya sebagai ketua BPD tidak pernah di undang dalam sosialisasi Wardes, beberapa hari lalu di aula kecamatan Palas,” terangnya.
Menurutnya, hanya kepala desa Yato Suyato yang mengikuti sosialisasi Wardes, seharusnya dirinya menginformasikan kembali terhadap masyarakat setempat melalui forum. Namun kenyataan kepala desa yang baru menjabat selama dua tahun itu tidak menerangkannya kembali terhadap warganya terkait perubahan sistim penyaluran raskin. “Dirinya hanya memberikan pengarahan jika ada warga yang datang kerumahnya, hal itu di lakukan karena kepala desa tidak mempunyai waktu luang dan sibuk dengan kegiatannya, maka sosialisasi wardes hingga saat ini belum di gelar,” ungakpanya.
Di tempat terpisah, kepala desa Sukabakti Yato Suyato membenarkan, bahwa warga yang tidak mendapatkan jatah raskin bulan September ini, mendatangi kepala desa dan ketua BPD setempat. “Ketua BPD di datangi warga, sampai-sampai dirinya mengirimkan surat kepada saya, yang isinya meminta penjelasan terkait warga yang tidak mendapatkan raskin, lalu surat itu saya kirim kembali ke kacamatan,” kata Yato saat di temui di kantor kecamatan Palas, kemarin (23/9).
Yato menjelaskan, sebelumnya beberapa bulan lalu, jatah raskin sebanyak 5 ton itu di bagikan merata setiap kepala keluarga, meski masuk dalam katagori keluarga mampu. Hal itu di lakukan karena untuk menghindari terjadinya kecumburuan sosial sesama masyarakat. Namun, setelah wardes berjalan di desa Sukabakti, jatah raskin yang di peruntukan 356 KK itu tidak lagi di bagirata. “Warga yang perotes ini, mereka adalah orang mampu, seharusnya mereka malu dong dan saya hanya menjalankan tugas perintah,” urainya.
Hal seada di ungkapkan, Sekcam Palas Mukhtaridi S,Ag membenarkan bahwa puluhan warga yang tidak mendapatkan raskin mendatangi BPD setempat. “Kami akan layangkan surat pada kepala desa, agar dirinya dapat memberikan sosialisasi tentang wardes, sehingga mereka dapat memahami dan mengerti,” kata Mukhtaridi dengan singkat.(*)

0 Responses to “Tidak Dapat Raskin, Puluhan Warga Datangi Ketua BPD”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: