KPUD Uji Publik Caleg Lamsel

Laporan Beny Candra

KALIANDA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Selatan akhirnya melakukan uji public terhadap para calon anggota legislative asal Lamsel yang telah masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) dalam pemilu 2009 mendatang.
Ketetapan tersebut tertuang dalam Berita acara 270/307/BA/08.01/KPU-LS/09/2008 tentang pengesahan daftar calon sementara caleg anggota DPRD Kabupaten Lamsel pada pemilu 2009
Uji public dilakukan untuk mengetahui saran dan masukan dari masyarakat secara langsung kepada KPUD mengenai treck record dari para caleg yang menjadi kontenstan caleg anggota DPRD lamsel dari 38 partai yang ikut dalam pemilu di Kabupaten Lamsel.
Ketua KPUD Lamsel, Dwi Riyanto, SE penetapan uji public dilakukan setelah para caleg dari 38 peserta itu ditetapkan dalam DCS calon anggota DPRD Lamsel pada pemilu 2009 mendatang.
“Nama-nama para caleg tersebut terdaftar dalam DCS caleg yang diumumkan KPUD melalui media massa lokal. Sehingga dengan diumumkannya para DCS Caleg anggota DPRD lamsel tersebut masyarakat dapat melihat langsung siapa para calon wakil rakyatnya yang akan duduk di gedung DPRD,” kata Dwi.
Bukan hanya itu, kritik dan saran pun sangat KPUD harapkan untuk menilai langsung track record dari masingt-masing calon anggota DPRD. Sehingga nantinya untuk menjadi bahan pertimbangan KPUD dalam menetapkan mereka masuk menjadi Daftar Calon Tetap (DCT).
Untuk melakukan uji public atau penilaian langsung dari masyarakat ini KPUD akan menunggu saran dan masukan dari masyarakat berupa surat resmi tetang track record calon. Dan dari masukan itu akan dijadikan bahan pertimbangan KPUD untuk menetapkan caleg. “Sepanjang masukan itu masih rasional dan sifatnya resmi KPUD akan pertimbangkan dengan melakukan crosscheck langsung dilapangan,”tambah Dwi.
Dengan diumumkannya para caleg yang akan keluar dalam DCS ini, KPUD mengharapkan peran serta dan partisipasi aktif masyarakat. Sebagaimana diketahui adanya tahapan uji public untuk menghindari persoalan yang muncul mengetani jati diri calon seperti penggunaan ijazah palsu atau persoalan lain yang bisa menimbulkan persoaln di kemudian hari. “Untuk itu, sejak dini kita telah mengansipasinaya, dengan adanya tahapan Uji public,”bebernya.
KPUD juga akan menetapkan lama uji public terhadap para caleg tersebut selama 2 pekan yaitu pada 9 oktober mendatang.”Kita akan tunggu saran dan masukan masyarakat selama itu. Dan usai lebaran KPUD tinggal melihat surat yang masuk dari masyarakat selama masa tahapan uji public tersebut,”pungkasnya.(*)

0 Responses to “KPUD Uji Publik Caleg Lamsel”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: