Demokrat dan PSI Dukung Rusli Isya KALIANDA

Proses pengisian jabatan wakil Bupati Lampung Selatan mulai disikapi partai-partai pengusung pasangan Zulkifli Anwar dan Wendy Melfa, SH, MH dalam Pilkada Lamsel 2005 lalu.

Masing-masing partai pengusung yaitu PKB, Demokrat, PSI dan Golkar tersebut mulai mengocok nama-nama cawabup yang akan direkomendasikan untuk mengisi jabatan yang ditinggal Wendy Melfa tersebut pasca di Lantik menjadi Bupati Lamsel dan sebagian lagi telah menetapkan calon yang akan direkomendasikannya.

Parpol pengusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lamsel, dalam waktu dekat akan segera membuka penjaringan calon wakil bupati yang akan diusung oleh partainya. Sedangkan Demokrat dan PSI setelah sepakat tidak membuka penjaringan cawabup karena telah mengelus nama yang dinilai pantas untuk mengisi kekosongan kursi wabup Lamsel yang lowong tersebut.

Sinyalemen pembukaan pendaftaran cawabup dari PKB tersebut ditegaskan Ketua DPW PKB Lampung, Musa Zainudin. Dihubungi ponselnya, Musa mengaku telah menginstruksikan DPC PKB Lamsel untuk membuka pendaftaran cawabup ynag akan direkomendasikan partainya.

?Saya telah instruksi ketua DPC PKB Lamsel untuk segera membuka pendaftaran cawabup, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera dilakukan,? katanya.

Dikatakan mantan Ketua PMII Cabang Bandar Lampung ini, penjaringan cawabup di Lamsel yang dilakukan oleh partainya karean pihaknya ingin membuka kran demokrasi yang akan di lakukan di Lamsel.

?Kita memberi kesempatan bagi masyarakat, tokoh dan kaum Nadhiyin untuk berkompetisi mengisi jabatan wabup di Lamsel, sehingga proses penjaringan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Lamsel langsung,?jelasnya.

Musa sendiri tidak mematok Kriteria cawabup yan akan direkomendasikan partainya, sebab hal itu nanti akan ditentukan oleh penilaian oleh kader dan masyarakat.

?Kita tidak mematok kriteria calon, asalkan ia memiliki moralitas yang baik meskipun diluar kalangan NU akan kita rekomendasikan bila masyarakat mendukungnya,? terang Musa.

Untuk itu lanjut dia, dalam hal pendaftaraan cawabup nantinya, DPW hanya akan menerima laporan saj adari DPC. ?Ini merupakan kerja DPC, untuk itu kita akan menerima laporanya saja,?tambahnya.

Terkait soal pembukaan pendaftaran cawabup tersebut, sayangnya ketua DPC PKB Lamsel, Imam Subhki belu bisa dimintai komentarnya. Dihubungi ponselnya dalam keadaan tidak aktif.

Dibagian lain Ketua DPC Partai Sarikat Indonesia (PSI) Lampung Selatan, Army Basyuni mengatakan, dengan turunnya klarifikasi tatib wabup oleh Pemerintah Provinsi, partainya tidak akan membuka pendaftaran calon wabup kepada masyarakat umum.

?Kita sudah final mengusung satu nama yang akan direkomendasikan, dan surat dukungan tersebut telah kita keluarkan secara resmi,?kata Army, Rabu (15/10) kemarin.

Dikatakan, alasan tidak membuka penjaringan lanjut Army, selain tidak tercantum dalam tatib wabup yang telah dibahas, PSI juga telah memiliki sosok yang pas untuk mengisi jabatan wabup Lamsel.

Siapa calon yang direkomendasikan? Army, menjawab Rusli Isya, S.Sos salah seorang birokrat tulen yang mengabdi dilingkungan Pemkab Lamsel. ?Sosok ini memiliki moralitas yang baik dan bisa diterima oleh semua kalangan. Selain ia birokrat, Rusli juga merupakan salah satu putra terbaik Lampung Selatan,? tegasnya.

Dukungan terhadap Rusli Isya tertuang dalam surat rekomendasi DPC PSI Lamsel Nomor : 001/SKEP/DPC-LS/VIII/2008 tanggal 15 Agustus 2008.?Dukungan terhadap calon ini telah kita sosialisasikan ke seluruh pengurus PAC dan DPD PSI,?katanya.

Demikian halnya dengan DPC partai Demokrat Lamsel, yang memastikan tidak akan membuka pendafataran cawabup yang akan direkomendasikan melalui partainya. Ketua DPC Partai Demokrat Lamsel, Siti Farida, SH memastikan tidak akan membuka pendaftaran cawabup karena tidak mengantongi nama Rusli Isya, S.Sos yang akan mengisi jabatan tersebut untuk direkomendasikan partainya.

Dukungan terhadap Rusli Isya tertuang dalam Surat DPC Partai Demokrat Lamsel nomor : 194/SK/DPC.PD/LS/VII/2008 tanggal 13 Agustus 2008 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Siti Farida, SH dan Sekretaris I Ketut Wartadinanta, S.Sos.

Sementara dari Partai Golkar, hingga kini belum diketahui secara pasti apakah apakah akan melakukan pembukaan pendaftaran cawabup untuk mengisi kekosongan jabatan wabup di Lamsel. Ketua DPD Partai Golkar Lamsel, Rusman Effendi tidak bisa diminta komentar lantaran ponselnya mati.(Beny Candra )

0 Responses to “Demokrat dan PSI Dukung Rusli Isya KALIANDA”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: