Natar Butuh 2 Unit SMPN

NATAR –Kecamatan Natar tampaknya masih mengalami kekurangan jumlah sekolah menengah pertama negeri (SMPN). Saat ini Kecamatan Natar hanya memiliki 5 SMPN yang tersebar di wilayahnya, padahal dengan rasio jumlah penduduk usia dibawah 18 tahun atau usia sekolah idealnya kecamatan paling ujung di Kabupaten Lamsel ini telah memiliki 7 SMPN.

Hal ini diungkapkan Koordinator sarjana dan pemuda penggerak wajib belajar (SP2WB) M. Zaelani, S.E., saat silaturahmi dengan pamong kecamatan setempat, kemarin.

Menurut Jay-demikian panggilan akrabnya-saat ini pihaknya bekerjasama dengan Dirjen SMP tengah melakukan pendataan terhadap faktor-faktor yang dapat meningkatkan partisipasi wajib belajar.

“Untuk tahap awal kami melakukan pendataan di 4 kecamatan, yaitu Natar, Tanjungbintang, Candipuro dan Sidomulyo,” terangnya dihadapan Sekcam Natar, Moh. Yonies JH, S.T., M.M., saat memaparkan bentuk kegiatan yang dipimpinnya.

Dengan dibantu dengan 11 rekannya, tim ini menyebar 22 desa yang termasuk dalam wilayah Natar. Diharapkan dengan langkah ini, data yang kelak didapat dapat lebih akurat.

Ditambahkannya, hal yang sama juga pernah dilakukan di Kabupaten Lamtim pada tahun 2007 lalu. Hasilnya, dari rekomendasi yang mereka lakukan berdasarkan data dari lapangan, 2 unit SMPN negeri akhirnya berhasil dibangun di wilayah tersebut.

Selain mencari data langsung di lapangan, tim ini juga menjalin kerjasama dengan cabdin pendidikan dan kantor kecamatan setempat untuk memperoleh data sebagai pembanding.

“Saat ini dapat kami simpulkan bahwa Kecamatan Natar masih kekurangan 2 unit SMPN untuk mengakomoodasi seluruh lulusan sekolah dasar (SD) yang ada,” tandasnya. (T. Wijaya)

0 Responses to “Natar Butuh 2 Unit SMPN”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: