Rancang Pembangunan Kawasan Rest Area

KALIANDA – Langkah untuk menjadikan buah pisang sebagai icon potensi yang di miliki Lampung Selatan (Lamsel) nampaknya mulai dilakukan. Terkait dengan pengembagan potensi tersebut Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lamsel langsung merancang konsep kawasan rest area yang ada di depan Masjid Agung Kalianda sebagai serta pemasaran aneka produk buah pisang dan makanan olahan dari buah tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Lamsel, Ir. Suryadi Ibrahim mengatakan saat ini pihaknya akan membuat konsep pengembangan masjid agung Kalianda untuk dijadikan kawasan rest area. Ini dimaksudkan agar para pengendara yang melintasi dapat lebih nyaman untuk transit bila kawasan ini telah dipugar.

? Langkah awal membangun rest area ialah meratakan halaman masjid agung dengan membuka pagar depan sehingga halamannya terlihat lebih luas,? kata dia.

Setelah telihat rata, PU akan menentukan titik lokasi yang akan dijadikan lokasi pemasaran produk serta kantong-kantong parkir tempat peristirahatan.?Kita akan minta tim untuk membuat konsep pengembangan lokasi yang selanjutnya dilanjutkan dengan menghitung alokasi dana yang dibutuhkan untuk pengenbangan kawasan tersebut,?tandasnya.

Dari konsep yang telah dibuat, Dinas PU akan segera mengajukan usulan pembangunan rest area tersebut dalam pembahasan APBD 2009 mendatang.?Mudah-mudahan tahun depan semua bisa dikerjakan, sebagaimana yang kita harapkan bersama,?tambahnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Lamsel, Ir. Basri Majid, pengembangan kawasan rest area merupakan salah satu sentra pemasaran produk hasil unggulan pisang yang akan di canangkan Lamsel.?Ini hanya sebagian kecil saja sebab mengenai pengembanganya kita juga merencanakan hal lain seperti penyediaan lahan yang akan dijadikan sentra tanaman produksi,?jelasnya.

Bukan hanya itu, Mantan Kepala Dinas Kehutanan Lamsel ini juga menjelaskan, dalam pengembangan sentra tanaman pisang tersebut, pihaknya telah membuat konsep terpadu dengan melibatkan satuan kerja instnasi terkait untuk mencanangkan produksi unggulan Lamsel ini kedepan.?Konsep terpadu sedang kita bahas bersama satuan kerja terkait. Kita berharap seluruh perencanaan bisa berjalan secara optimal,?pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Lampung Selatan, Hi Wendy Melfa, SH, MH mengatakan untuk mengembangkan pemasaran produk unggulan posang yang dimiliki Lamsel, Pemkab akan turun tangan langsung untu menjadikan daerah lamsel sebagau sentra produksi pisang.

Selain mengembnagkan hasil unggulan soal pemasaran hasil produksi , Pemkab akan membangun kawasan rest area yang bisa memasarkan produk hasil olahan dari buah pisang yang menjadi unggulan Lamsel tersebut.

?Kita akan kembangkan halaman masjid Agung Kalianda untuk dijadikan kawasan rest area sekaligus menjual aneka produk makanan olhan yang terbuta dari pisang tersebut. Ini merupakan bagian lain untuk melakukan pemasaran hasil produksi makana olahan pisang yang dimilik kabupaten ini nantinya,?ujarnya.(Beny Candra )

0 Responses to “Rancang Pembangunan Kawasan Rest Area”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: