Kantor PGRI dan Pramuka Dibangun Swadaya

CANDIPURO – Pembangunan kantor Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Prajamuda Karana (Pramuka), di Desa Titiwangi, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, dilakukan secara swadaya. Sebeb, pemerinta tidak menganggarkan dana untuk pembangunan kantor tersebut.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Candipuro Drs. Khomaruzzaman mengatakan, pembangunan kantor PGRI dan Pramuka itu telah berjalan sejak tiga bulan lalu dan ditargetkan selesai Desember mendatang. Pembangunannya saat ini sudah mencapai 75 persen, kata Khomaruzzaman saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (22/10).

Khomaruzzaman membeberkan, pembangunan itu murni hasil dari swadaya guru, kepsek dan siswa Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Candipuro. Dirincikan, setiap guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dibebani iuran sebesar Rp5.000/orang dikalikan 200 orang guru. Namun, dia enggan menyebutkan besarnya dana swadaya yang diberikan kepsek yang berjumlah 60 orang. Yang jelas uang yang mereka berikan jauh lebih besar dibandingkan dengan guru, karena penghasilannya lebih besar, elaknya.

Disinggung, isu bahwa sebanyak 7.000 murid SD se-Kecamatan Candipuro harus mengumpulkan satu buah batu bata setiap siswa, dia membantah. Mereka tidak mengumpulkan batu bata, melainkan setiap SD, murid yang dianggap orang tuanya mampu dianjurkan menyisihkan uang jajan anaknya dan dimasukan dalam bumbung (celengan bambu-Red) yang telah disediakan di setiap sekolah, urainya.

Khomaruzzaman menambahkan, sebelum pembangunan kantor itu dikerjakan, musyawarah digelar beberapa bulan lalu. Yang dihadiri puluhan guru dan kepsek. Hasilnya, sepakat bahwa bangunan itu dibangun dengan cara swadaya. Mereka setuju, ditariki sumbangan, terangnya.

Direncanakan, setelah bangunan itu selesai tidak hanya digunakan sebagai kantor PGRI dan Pramuka, melainkan juga sebagai kantor kacabdin, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Dharmawanita. Sampai saat ini kami juga tidak mempunyai kantor dan masih menumpang di rumah dinas SD Waygelam, ungkapnya.

Dengan berdirinya kantor tersebut, diharapkan aktifitas guru dan kepsek dapat termonitor. Tidak hanya itu, komunikasi antar pengajar di lain sekolah dapat terjaga. Inilah salah satu langkah awal kami dalam memajukan dunia pendidikan di Kecamatan Candipuro, tutupnya. (Taufiq)

0 Responses to “Kantor PGRI dan Pramuka Dibangun Swadaya”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: