Kapolda Janji Tindak Tegas Polisi Pungli

KALIANDA – Kapolda Lampung menekankan kepada seluruh jajarannya untuk menghapuskan pungutan liar (pungli) yang ada dalam tubuh polri sesuai amanat Kapolri beberapa waktu lalu. Hal itu diungkapkan Kapolda Lampung Drs. Ferial Manaf, S.H., M.M., saat kunjungan kerja (kunker) dan memberikan pengarahan kepada jajaran kepolisian di Polres Lamsel, Senin (27/10).

Seluruh anggota polisi dijajaran Polda Lampung sesuai dengan fungsinya masing-masing untuk melakukan upaya-upaya pembenahan dan penertiban terhadap sentra-sentra yang mudah terjadinya pelanggaran, kata Ferial Manaf, kemarin.

Kapolda memberikan batas waktu hingga 3 bulan kedepan untuk menunjukkan hasil kinerja jajaran Polres Lamsel tentang pelaksanaan menghapuskan polisi pungli. Bagi anggota polisi yang terbukti melakukan pelanggaran pungli, kapolda menyatakan akan siap memberikan sanksi kepada yang bersangkutan.

Kami memberikan batas waktu hingga 3 bulan kedepan untuk membuktikan kinerja seluruh anggota polisi yang ada di Polda Lampung. Kepada yang terbukti melakukan pelanggaran akan kami tindak tegas dengan memberikan sanksi, ungkap Ferial tampa menyebutkan sanksi apa yang akan diberikan kepada anggotanya yang melakukan pungli.

Ferial Manaf juga mengatakan, dalam melakukan pembenahan di tubuh Polri terkait polisi pungli, pihaknya juga menggelar operasi bersih dan membentuk tim yang melibatkan masyarakat dengan cara membentuk pengaduan masyarakat. Kami akan menggelar operasi bersih dan membentuk pengaduan masyarakat serta membentuk tim operasi bersih. Apabila terdapat pelanggaran akan diambil tindakan tegas, kata Ferial yang mengatakan pungli bisa dilakukan pada saat melakukan perekrutan anggota baru dan melakukan sweeping di jalanan.

Dalam kunjungan kerja Kapolda Lampung di Mapolres Lamsel juga meminta kepada jajarannya untuk waspada dan meningkatkan deteksi dini untuk mengindari Lampung sebagai daerah pelarian para teroris. Lampung merupakan wilayah yang sangat rawan tempat para teroris melarikan diri. Untuk itu, Lamsel yang memiliki tempat penyeberangan harus secara dini waspada dan mendeteksi dini guna menghindari Lampung sebagai tempat pelarian bagi kaum teroris, kata Ferial.

Terkait tindak kriminalitas yang terjadi di Lamsel, Kapolda meminta kepada jajaran Polres Lamsel untuk menindak tegas para pelaku. Kapolda mentargetkan 15 persen dari jumlah kriminalitas seperti curas, surat dan curanmor untuk diungkap. Untuk menekan tindak kriminalitas di Lamsel jajaran Polres Lamsel melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat melalui Polisi Masyarakat (Polmas), pungkasnya. (Nyoman)

0 Responses to “Kapolda Janji Tindak Tegas Polisi Pungli”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: