KPUD Beber Caleg Bermasalah

KALIANDA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lamsel mulai menetapkan para calon anggota legislatif (caleg) yang akan masuk dalam daftar calon tetap (DCT) sebagai caleg dalam pemilihan umum 2009 mendatang. Sampai saat ini, KPUD belum mau membeberkan secara rinci nama para caleg yang dipastikan tercoret karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan sampai dengan batas akhir pengumuman DCT pada 31 Oktober.

Ketua KPUD Lamsel, Dwi Riyanto, S.E., saat ditemui menjelaskan selama masa uji publik yang ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS), KPUD Lamsel telah banyak menerima masukan dari berbagai kalangan masyarakat terkait caleg yang akan menjadi peserta pemilu 2009 mendatang.

Pada masa itu KPU telah melakukan verifikasi dan menemukan 2 caleg diduga menggunakan ijazah bermasalah yaitu dari Partai Demokrat dan PDI Perjuangan dalam pendaftarannya.

Untuk itu, kita telah mencoret nama mereka dan bagi yang menggunakan ijazah palsu Strata Satu (S1), KPUD Lamsel memberikan kesempatan bagi dia untuk mengganti ijazahnya tersebut dengan Ijazah SLTA. Mengenai nama-nama mereka tidak bisa dibeberkan karena dinilai tidak etis, kilah Dwi.

Sedangkan caleg yang bersatus sebagai PNS terdapat 3 orang yaitu dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) dan PDI Perjuangan. Dari tiga partai ini kita masih menunggu keterangan pengunduran diri mereka dari PNS sebelum DCT dikeluarkan, beberanya.

Sementara, Sekretaris Pokja Rekrutmen KPUD Lamsel, Asep Rujaeni menambahkan, selain caleg yang masih berstatus PNS dan ijazah bermasalah. KPUD juga telah memverifikasi dan mengkalirifikasikan langsung pengaduan terkait caleg yang diduga terlibat tindak pidana yaitu dari Golkar dan PNBK Indonesia.

KPUD masih menunggu surat keterangan resmi penetapan perkara yang telah dituduhkan tersebut kepada para caleg, jelasnya.

Sedangkan 2 caleg lainya yaitu dari Partai Kedaulatan dan Partai Bulan Bintang (PBB) dipastikan akan dicoret karena hingga klarifikasi yang dilakukan KPUD, 2 caleg tersebut tidak melengkapi kekurangan berkas mereka. Kita telah konfirmasi kepada para caleg yang bersangkutan dan Liaison Officer (LO) parpol mengenai kekurangan berkas yang dikirim namun hingga kini tidak diberikan, tutupnya. (Beny Candra )

0 Responses to “KPUD Beber Caleg Bermasalah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: