Rumah Pintar Dibuka Untuk Ibu, Anak dan Masyarakat

KALIANDA – Guna menunjang mutu pendidikan ibu, anak dan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan membangun rumah pintar melalui program Ibu Presiden RI, Ny. Ani Susilo Bambang Yudhoyono. Rumah pintar itu sendiri sudah berjalan sejak 3 bulan terakhir yang berlokasikan di tengah pusat kota Kalianda (Kantor Pemda Lamsel).

Menurut penanggung jawab lapangan rumah pintar, Zaeni Hamdan, Senin (19/1), rumah pintar yang berisikan fasilitas pendidikan tersebut dibuka bagi kalangan pelajar dan masyarakat umum.

Dikatakan, program rumah pintar tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memberikan penanaman nilai positif akan keaneka ragaman lingkungan sosial budaya dan membantu program pemerintah dalam pengembangan kualitas hidup masyarakat melalui baca tulis.

Rumah pintar ini terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar. Baik itu dari kalangan anak-anak usia dini usia 4-8 tahun, pelajar seusia 8-17 tahun dan para ibu rumah tangga, kata Zaeni yang menyebutkan rumah pintar seperti layaknya perpustakaan.

Layanan yang disediakan rumah pintar tersebut di antaranya, layanan anak dan remaja, pengembanga keahlian bagi remaja dan rapa ibu, perpustakaan, edukasi dan kesehatan. Sedangkan fasilitas yang disediakan adalah tenaga pengajar (tutor), buku-buku, komputer, audio, vidio, alat peragaan dan alat permainan dan panggung peraga seni.

Model pembelajarannya adalah sentra buku dan baca, permainan aktif, audio visual, komputer dan keterampilan tenun ikat inuh yang dibimbing langsung para tutor rumah pintar, paparnya.

Bagi kaum ibu yang membawa anaknya untuk belajar di rumah pintar, juga akan mendapatkan pendidikan dan keterampilan. Jadi tidak seperti PAUD, para ibu-ibu hanya melihat anak-anaknya belajar. Tapi di rumah pintar, ibu dan anak juga bisa belajar bersama, tuturnya.

Penanggung jawab sekaligus tutor rumah pintar ini mengatakan, rumah pintar mulai dibuka dari pagi sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap hari Selasa sampai Sabtu. Rumah pintar ini adalah suatu sarana bangunan tempat melaksanakan program pendidikan bagi ibu, anak dan masyarakat melalui berbagai sumber pelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan lanjutan, pungkasnya. (Nyoman)

0 Responses to “Rumah Pintar Dibuka Untuk Ibu, Anak dan Masyarakat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: