Pengawasan Pemotongan Hewan Hingga Desa

Laporan Rahidir
SIDOMULYO – Setelah melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan tim kecamatan Sidomulyo pada hari ini Jum’at (25/9). Selanjutnya, tim yang terdiri dari Polsek, Pol PP, Kesehatan dan Peternakan akan melukukan pengawasan pemotongan terhadap hewan ternak pada seluruh desa yang ada di kecamatan setempat.
“Pengawasan pemotongan hewan seperti Sapi ini, tim mulai bergerak turun kedesa pada Senin (29/9) mendatang,” terang Plt Camat Sidomulyo Drs. Kholil.S, kemarin.
Menurut Kholil, pengawasan dilakukan hingga seluruh desa untuk mengantisipasi peredaran daging gelonggongan serta daging oplosan baik yang akan dijual kepasar atau hewan pemotongan hewan yang terkenan penyakit sehingga tidak layak untuk dikosumsi. “Bukan itu saja, termasuk daging yang sudah busuk dan tidak layak untuk dikomsumsi juga tidak luput dari pengawasan kita,” pungkasnya.
Dijelasknnya, sejauh ini dibanding tahun sebelumnya hasil pengawasan pemotongan hewan ternak pihaknya tidak menemukan adanya daging oplosan serta gelonggongan. Untuk itu, diharapkan, tahun ini masyarakat dapat meneliti sebelum membeli daging baik dipasar maupun ditempat pemotongan hewan yang berada di desa-desa.
“Karena, peredaran daging oplosan serta gelonggongan seperti ditemukan dikota-kota besar tidak terjadi di wilayah kecamatan ini,” ujarnya.
Disinggung mengenai, hasil sidak pertama pada Selasa (22/9) lalu dopasar Sidomulyo pihaknya tidak menemukan baik daging atau ikan yang diberi pormalin serta barang makanan dan minuman yang dirazia di toko serta toserba tidak ditemukan barang yang sudah kadarluarsa. “Kita berharap, peredaran makanan dan minuman serta daging yang tidak layak konsumsi tidak beredar di pasar Sidomulyo,” imbuhnya.(*)

0 Responses to “Pengawasan Pemotongan Hewan Hingga Desa”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: